Senin, 26 April 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : MA N 1 Boyolali
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semeseter : XII / Ganjil
Tahun Pelajaran : 2009 / 2010
Alokasi Waktu : 15 Menit

I. Standar Kompetensi
Memehami masalah kepemimpinan umat islam paska Nabi wafat.
II. Kompetensi Dasar
Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinana pada masa Khulafaurrasyidin.
III. Indikator
 Menjelaskan proses dan model pemilihan kepemimpinana pada masa Khulafaurrasyidin.
 Mendiskripsikan tata cara pemilihan kepemimpinan khulafaurrasyidin.
 Menjelaskan hikmah dibalik pemilihan kepemimpinan khulafaurrrasyidin.
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengetahui model pemilihan kepemimpinan pada masa khulafaurrasyidin dan dapat mengambil pelajaran dari proses tersebut sehingga dapat megmbil pelajaran yang baik dan menerapkan dalam kehidupan sehari – hari.
V. Materi Ajar
Proses dan model pemilihan Khulafarrasyidin
VI. Metode / Strategi Active Learning
 Jigsaw
 Small Group Discussion (SGD)
VII. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Salam pembuka, presensi, pengaturan kelas, berdoa bersama dan apersepsi.
Kegiatan Inti
 Guru memberikan sedikit gambaran dan ulasan mengenai materi pokok melalui tayangan power point.
 Guru membagi kelas menjadi 4 kelompok dengan asumsi kelas terdiri dari 24 siswa.
 Pembagian kelompok berdasarkan kehadiran dan berhitung secara berurutan. Masing – masing kelompok terdiri dari anak dengan tugas berikut:
Kelompok
A Kelompok
B Kelompok
C Kelompok
D
1,2,3,4,5,6 1,2,3,4,5,6 1,2,3,4,5,6 1,2,3,4,5,6
Membahas proses dan
model pemilihan kepemimpinan pada masa khulafaur-rasyidin Abu Bakar Membahas proses dan
model pemilihan kepemimpinan pada masa khulafaur-rasyidin
Umar Bin Khatab Membahas proses dan
model pemilihan kepemimpinan pada masa khulafaur-rasyidin
Usman Bin Affan Membahas proses dan
model pemilihan
kepemimpinan pada masa khulafaur-rasyidin
Ali Bin Abi Thalib

 Setiap anggota kelompok bertugas membaca dan memahami meteri yang ada dalam buku panduan materi pelajaran.
 Setiap kelompok melakukan diskusi kecil dan merangkum hasil diskusi.
 Setiap anggota kelompok menyampaikan hasil diskusi kecil kelompoknya kepada kelompok lain melalui alah satu anggotanya yang dikirim pada diskusi kecil antar kelompok, dengan distribusi tugas seperti tergambar dalam tabel:
Membahas proses dan model pemilihan kepemimpinan pada masa khulafaurrasyidin
1a 1b 1c 1d

1a = Khulafaurrasyidin Abu Bakar
1b = Khulafaurrasyidin Umar Bin Khatab
1c = Khulafaurrasyidin Usman Bin Affan
1d = Khulafaurrasyidin Ali Bin Abi Thalib
2a 2b 2c 2d

2a = Khulafaurrasyidin Abu Bakar
2b = Khulafaurrasyidin Umar Bin Khatab
2c = Khulafaurrasyidin Usman Bin Affan
2d = Khulafaurrasyidin Ali Bin Abi Thalib
3a 3b 3c 3d

3a = Khulafaurrasyidin Abu Bakar
3b = Khulafaurrasyidin Umar Bin Khatab
3c = Khulafaurrasyidin Usman Bin Affan
3d = Khulafaurrasyidin Ali Bin Abi Thalib
4a 4b 4c 4d

4a = Khulafaurrasyidin Abu Bakar
4b = Khulafaurrasyidin Umar Bin Khatab
4c = Khulafaurrasyidin Usman Bin Affan
4d = Khulafaurrasyidin Ali Bin Abi Thalib
5a 5b 5c 5d
5a = Khulafaurrasyidin Abu Bakar
5b = Khulafaurrasyidin Umar Bin Khatab
5c = Khulafaurrasyidin Usman Bin Affan
5d = Khulafaurrasyidin Ali Bin Abi Thalib
6a 6b 6c 6d

6a = Khulafaurrasyidin Abu Bakar
6b = Khulafaurrasyidin Umar Bin Khatab
6c = Khulafaurrasyidin Usman Bin Affan
6d = Khulafaurrasyidin Ali Bin Abi Thalib

Setelah melalui proses zig zag dan msing–masing siswa terlihat dalam diskusi kecil antar kelompok tersebut masing–masing disampaikan pada teman sekelompoknya.
 Kembalikan posisi seperti semula untuk mengulas lagi seandainya ada masalah yang belum terpecahkan.
 Guru melempar beberapa pertanyaan untuk menjajaki pemahaman dan kompetensi yang dimiliki siswa.
Kegiatan Penutup
 Guru melakukan refleksi, kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut.

VIII. Sumber / Bahan Belajar
 Kertas untuk catatan Setiap siswa
 LCD, Power Point presentation
 Spidol, White Board
 Foto copy materi
 Buku PAI kelas XII
 LKS PAI kelas XII
IX. Evaluasi / Penilaian
 Teknik : Tes Tertulis, Quis
 Bentuk Instrumen : Tes Uraian, pertanyaan langsung dikelas
Instrumen
Tes Uraian
1. Jelaskan proses pemilihan kepemimpinan khulafaurrasyidin Umar bin Khatab!
2. Bagaimana proses pengangkatan khulafaurrasyidin Ali bin Abi Thalib?
3. Bagaimana pendapat anda jika di Indonesia menggunakan model pemilihan Presiden dengan menggunakan salah satu model pemilihan Khulafaurrasyidin, jelaskan pendapat anda!
4. Jelaskan hikmah dari masing – masing proses pemilihan kepemimpinan khulafaurrasyidin!
Quis (pertanyaan langsung di kelas)
1. Menjelaskan mengenai model pemilihan masing – masing Khalifah
2. menanyakan apakah ada kendala-kendala dalam proses pemilihan






Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel




Kepala sekolahmu, M. Ag guruku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar